PROGRAM KERJA PENGAWAS SEKOLAH

PROGRAM KERJA PENGAWAS SEKOLAH
TAHUN 2013/2014

DISUSUN OLEH :

MARZUKI RAHMAN, M.PD
PENGAWAS SMK

PEMERINTAH KABUPATEN PANDEGLANG
DINAS PENDIDIKAN

2013

HALAMAN PENGESAHAN

Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Pandeglang

ABDUL AZIS, SH.
NIP. 196001051982111001

KATA PENGANTAR

Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2008   tentang Guru pada pasal 15 ayat 4 menyatakan bahwa guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan melakukan tugas pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan tugas pengawasan. Tugas pengawasan yang dimaksud adalah   melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial. Untuk implementasi tugas tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 21 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.
Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah, menyebutkan bahwa seorang pengawas sekolah wajib mempunyai enam dimensi kompetensi minimal yaitu kompetensi kepribadian, supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian pengembangan, dan kompetensi sosial.
Untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial yang didukung oleh dimensi kompetensi pengawas sebagaimana tercantum dalam   Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007 tersebut, maka disusunlah Program Kerja Pengawas Sekolah ini.
Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah banyak memberikan bantuan, dorongan dan masukan sehingga Program Kerja Pengawas Sekolah ini dapat tersusun. Semoga Allah SWT akan memberikan balasan. Amin

Pandeglang,     Juni 2013
Pengawas Sekolah,

MARZUKI RAHMAN, M.PD

DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Peningkatan mutu pendidikan sangat tergantung pada pelaksanaan proses belajar mengajar (PBM) di Sekolah. PBM yang efektif yang didukung situasi dan kondisi sekolah yang kondusif merupakan prasarat utama keberhasilan suatu pendidikan. Untuk mendukung kegiatan PBM tersebut perlu adanya pembinaan dan pengawasan yang intensif dari berbagai pihak, terutama peran dari Pengawas Sekolah. Tertibnya  pengelolaan sekolah dan berjalannya kegiatan persekolahan baik dalam perencanaan dan pelaksanaan program menentukan keberhasilan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di suatu sekolah.
Peran Pengawas Sekolah yang bertumpu pada tugas pokok membina dan menilai kegiatan persekolahan sangat strategis sebagai suatu lembaga pengendali mutu. Kewibawaan dan kecakapan Pengawas Sekolah dalam menjalankan tugasnya merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh seorang pengawas. Oleh karena itu konsistensi Pengawas Sekolah terhadap tugasnya tersebut memberikan andil besar terhadap maju mundurnya mutu pendidikan.
Kegiatan pengawasan sekolah yang efektif harus diawali dengan penyusunan program kerja. Dengan adanya program kerja maka kegiatan pengawasan dapat terarah dan memiliki sasaran serta target yang jelas. Segala aktivitas pengawasan termasuk ruang lingkup, output yang diharapkan serta jadwal pengawasan dituangkan dalam program yang disusun. Hal ini sekaligus menjadi dasar acuan dan pertanggung jawaban pengawas dalam bekerja.
Untuk dapat menyusun program pengawasan dengan baik, seorang pengawas perlu memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai lingkup tugasnya, menguasai prosedur penyusunan program kerja, serta kemampuan berpikir sistematis untuk merancang program dan kegiatan yang akan dilaksanakan sehinggar produktif dan memberi kontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan.
Pengawas SMP Kabupaten Pandeglang adalah bagian dari sub sistem Pendidikan nasional yang peran dan tanggung jawabnya sesuai dengan tugas pokok serta fungsi sebagai pengawas SMP yaitu membina pengelolaan pembelajaran di SMP , membina manajemen sekolah dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi program kerja sekolah agar sekolah dapat mencapai tujuan, visi dan misinya dengan berhasil. Sejalan dengan bergulirnya kebijakan otonomi daerah maka manajemen SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang bergerak menuju manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (school-based management), manajemen berbasis masyarakat (society-based management), pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang ditekankan pada pendekatan competency-based training, mastery learning, pendekatan berbasis lingkungan, quantum teaching and learning, contextual teaching and learning, pendekatan life skill, dan lesson study.
Kesemuanya itu diupayakan untuk mencapai visi dan misinya Pengawas SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang. Pengawas Sekolah mempunyai peran dan tanggung jawab yang besar dalam membawa Pendidikan kearah tercapainya amanah UU No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, maka kehadiran dan peran fungsi tugas kepengawasan untuk semakin lebih intensif, efektif dan efisien, produktif, serta melekat, hal ini sangat penting keterlibatannya dalam peningkatan manajemen sekolah.
Untuk dapat mencapai tujuan tersebut diatas, sudah menjadi kewajiban bagi Pengawas Sekolah untuk menyusun Program Kerja Pengawas.
Program Kerja Pengawas ini berfungsi untuk mengefektifkan pembinaan dan penilaian terhadap akademis dan manajerial dan pengelolaan pendidikan di sekolah binaannya, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Program pengawasan ini, pengawas sekolah berwenang menetapkan sendiri metode kerjanya dan derajat kualitas kinerja sekolah yang menjadi tanggungjawabnya. Berdasarkan pengertian tersebut, diperlukan langkah-langkah konkrit dalam menjabarkan komponen-komponen yang bersifat teknis disusun dalam suatu program kerja kepengawasan
Dengan adanya program kerja maka kegiatan pengawasan dapat terarah dan memiliki sasaran serta target yang jelas. Segala aktivitas pengawasan termasuk ruang lingkup, output yang diharapkan, serta jadwal pengawasan dituangkan dalam program yang disusun. Hal ini sekaligus menjadi dasar acuan dan pertanggung jawaban pengawas dalam bekerja.
Dengan perencanaan program kerja pengawasan sekolah yang baik diharapkan mampu dihasilkan kinerja pengawasan yang bermutu. Kinerja pengawasan bermutu akan berdampak pada prestasi sekolah binaan yang bermutu/berkualitas pula sesuai dengan visi, misi, dan strategi pendidikan di Kabupaten Pandeglang.

B.    Landasan (Dasar Hukum)
1.    Undang – Undang  No. 20 Tahun  2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional;
2.    Undang – Undang No. 32 Tahun  2004 tentang Pemerintah Daerah;
3.    Undang – Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
4.    Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
5.    Peraturan Pemerintah No. 48 Tahun 2008 tentang Pembiayaan Pendidikan;
6.    Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru;
7.    Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 21 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya;
8.    Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi;
9.    Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan;
10.    Permendiknas No. 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas No 22 dan 23 Tahun 2006;
11.    Permendiknas No. 6 Tahun 2007 tentang Perubahan Permen No. 24 Tahun 2006.
12.    Permendiknas No. 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah dan  Madrasah.
13.    Permendiknas No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah.
14.    Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.
15.    Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
16.    Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.
17.    Permendiknas No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
18.    Permendiknas No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana.
19.    Permendiknas No. 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah.
20.    Permendiknas No. 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah.
21.    Permendiknas No. 26 Tahun 2008 tentang Tenaga Laboratorium sekolah.
22.    SK  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang  No. 800/         -Disdik/2013 Tahun 2013  tentang  Pembagian Tugas Pengawas Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2013/2014

C.    Tujuan dan Sasaran Pengawasan
1.    Tujuan Pengawasan
a)    Mengembangkan kualitas sekolah, kinerja kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja seluruh staf sekolah,
b)    Melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan program sekolah beserta pengembangannya,
c)    Melakukan penilaian terhadap proses dan hasil program pengembangan sekolah secara kolaboratif dengan stakeholder sekolah.
d)    Meningkatkan pembinaan kepada satuan pendidikan baik aspek manajerial maupun akademik
e)    Menetapan acuan dalam penyusunan instrumen supervisi manajerial dan akademik untuk dipergunakan secara menyeluruh di semua jenjang pendidikan baik oleh pengawas maupun kepala sekolah
f)    Melaksanakan supervisi dengan menggunakan instrumen yang telah dibakukan untuk semua sekolah binaan
g)    Membina sekolah secara periodik dan terencana untuk mencapai standar nasional pendidikan
h)    Membina secara khusus sesuai standar yang ditentukan terhadap Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN), dan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL)
i)    Melakukan pembinaan terhadap Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk meningkatkan profesional akademiknya melalui Lesson Study secara terprogram
j)    Meningkatkan implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 dalam rangka  meningkatkan standar mutu lulusan.
k)    Melakukan pembinaan terhadap Musyawarah Guru Pembimbing (MGP) untuk meningkatkan kemampuan profesional melalui pelaksanaan layanan dalam kolaborasi kelompok secara terprogram.
l)    Meningkatkan kinerja sekolah dalam meningkatkan sistem penjaminan mutu pengelolaan dan proses.

2.    Sasaran Pengawasan
Sasaran pengawasan adalah satuan pendidikan untuk semua jenjang mulai dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK di Kabupaten Pandeglang. Adapun sasaran operasional yang ada di masing-masing satuan pendidikan meliputi :
a)    Kepala Sekolah  (manajerial dan akademik)
b)    Pendidik (guru rumpun mata pelajaran, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling, guru muatan lokal dan pelatih pengembangan diri) dalam pengawasan akademik.
c)    Tenaga Kependidikan yang lain (tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorim, tanaga kebersihan, dan tenaga  keamanan)

D.    Visi, Misi dan Strategi Pengawasan
1.    Visi
Pelayanan Supervisi Akademis dan Manajerial yang berkualitas, transparan dan akuntabel melalui Kegiatan Kepengawasan yang professional
2.    Misi
1.    Mengembangkan Kegiatan Supervisi Akademik dan Supervisi Manajerial Sekolah Binaan yang efektif, inovatif dan inovatif dalam konteks MPMBS
2.    Mengembangkan wawasan dan pengetahuan Pengawas Sekolah dalam bidang ICT untuk mengelola dan memanfaatkan sumber belajar dan sarana prasarana pendidikan di sekolah binaan secara optimal
3.    Mengembangkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan melalui pendidikan dan latihan serta kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
4.    Mengembangkan kultur Kepengawasan sekolah yang kondusif yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta terciptanya manajemen sekolah yang transparan, dan akuntabel
5.    Menjalin dan Meningkatkan kerjasama dengan stakeholder pendidikan dalam rangka mewujudkan pencapaian Standar Nasional Pendidikan dan Pengintegrasian Pendidikan Karakter Bangsa di Kabupaten Pandeglang
3.    Strategi
a.    Menyusun program kerja kepengawasan Kabupaten Pandeglang.
b.    Menyusun program kerja kepengawasan untuk setiap semester dan setiap tahunnya pada sekolah yang dibinanya.
c.    Melaksanakan penilaian, pengolahan dan analisis data hasil belajar/bimbingan siswa dan kemampuan guru.
d.    Mengumpulkan dan mengolah data sumber daya pendidikan, proses pembelajaran/bimbingan, lingkungan sekolah yang berpengaruh terhadap perkembangan hasil belajar/bimbing¬an siswa.
e.    Melaksanakan analisis komprehensif hasil analisis berbagai faktor sumber daya pendidikan sebagai bahan untuk melakukan inovasi sekolah.
f.    Memberikan arahan, bantuan dan bimbingan kepada guru tentang proses pembelajaran/bimbingan yang bermutu untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar/ bimbing¬an siswa.
g.    Melaksanakan penilaian dan monitoring penyelenggaran pendidikan di sekolah binaannya mulai dari penerimaan siswa baru, pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan ujian sampai kepada pelepasan lulusan/pemberian ijazah.
h.    Menyusun laporan hasil pengawasan di sekolah binaannya dan melaporkannya kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang, Komite Sekolah dan stakeholder lainnya.
i.    Melaksanakan penilaian hasil pengawasan seluruh sekolah sebagai bahan kajian untuk menetapkan program kepengawasan tahun berikutnya.
j.    Memberikan bahan penilaian kepada sekolah dalam rangka akreditasi sekolah.
k.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada pihak sekolah dalam memecahkan masalah yang dihadapi sekolah berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan.
l.    Memberikan bimbingan kepada guru berkaitan dengan implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran dikelas.

E.    Kegiatan Pengawasan Sekolah
Kegiatan Pengawasan Sekolah meliputi kegiatan
1.    Perencanaan Pengawasan
Menyusun program kerja kepengawasan untuk setiap semester dan setiap tahunnya pada sekolah yang dibinanya.

2.    Pelaksanaan Pengawasan
a)    Melaksanakan penilaian, pengolahan dan analisis data hasil belajar/bimbingan siswa dan kemampuan guru.
b)    Mengumpulkan dan mengolah data sumber daya pendidikan, proses pembelajaran/bimbingan, lingkungan sekolah yang berpengaruh terhadap perkembangan hasil belajar/bimbing¬an siswa.
c)    Melaksanakan analisis komprehensif hasil analisis berbagai faktor sumber daya pendidikan sebagai bahan untuk melakukan inovasi sekolah.
d)    Memberikan arahan, bantuan dan bimbingan kepada guru tentang proses pembelajaran/bimbingan yang bermutu untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar/ bimbing¬an siswa.
e)    Melaksanakan penilaian dan monitoring penyelenggaran pendidikan di sekolah binaannya mulai dari penerimaan siswa baru, pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan ujian sampai kepada pelepasan lulusan/pemberian ijazah.
f)    Memberikan bahan penilaian kepada sekolah dalam rangka akreditasi sekolah.
g)    Memberikan saran dan pertimbangan kepada pihak sekolah dalam memecahkan masalah yang dihadapi sekolah berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan.

3.    Evaluasi Hasil Pengawasan
a)    Menyusun laporan hasil pengawasan di sekolah binaannya dan melaporkannya kepada Dinas Pendidikan, Komite Sekolah dan stakeholder lainnya.
b)    Melaksanakan penilaian hasil pengawasan seluruh sekolah sebagai bahan kajian untuk menetapkan program kepengawasan semester/tahun berikutnya.

F.    Sasaran dan Target Pengawasan
1.    Sasaran Pengawasan
Sasaran adalah Sekolah yang menjadi binaan Pengawas Sekolah didalamnya termasuk pendidik dan tenaga kependidikan. Sekolah sasaran dapat dilihat pada Lampiran SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang No. 800/       -Disdik/2013 tentang Pembagian Sekolah Binaaan Pengawas SMP/SMA/SMK tahun 2013
2.    Target Pengawasan
Target dari Program Kepengawasan adalah semua sekolah binaan sejumlah 21 Sekolah mendapatkan layanan supervise baik akademik maupun manajerial.

G.    Ruang Lingkup Pengawasan
Sesuai dengan PP 74 tahun 2008 tentang guru pada Pasal 15 Ayat 4 dijelaskan bahwa tugas pokok pengawas sekolah meliputi kepengawasan akademik dan kepengawasan majerial.
Adapun ruang lingkup Kepengawasan Akademik meliputi :
1.    Pembinaan guru
2.    Pemantauan pelaksanaan standar nasional pendidikan di sekolah yang terdiri atas standar isi, standar kompetensi lulusan,standar proses, standar penilaian pendidikan.
3.    Penilaian kinerja guru
4.    Pembimbingan dan pelatihan profesional guru
5.    Penilaian kinerja guru pemula dalam program induksi guru pemula
6.    Pengawasan pelaksanaan program Induksi Guru Pemula

Kepengawasan Manajerial meliputi :
1.    Pembinaan Kepala Sekolah
2.    Pemantauan pelaksanaan standar nasional pendidikan di sekolah yang terdiri atas standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan pendidikan, dan standar pembiayaan
3.    Penilaian kinerja Kepala Sekolah

BAB II
IDENTIFIKASI DAN ANALISIS HASIL PENGAWASAN

A.    Identifikasi Hasil Pengawasan (tahun sebelumnya)
B.    Analisis dan Evaluasi Hasil Pengawasan (tahun sebelumnya)
C.    Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Sebagai Acuan dalam Penyusunan Program

BAB III
RENCANA PROGRAM TAHUNAN PENGAWASAN

A.    Program Pembinaan Guru
Materi Pembinaan
Guru    Tujuan dan Sasaran    Indikator
Keberhasilan    Strategi/Metode/
Teknik    Sekenario    Sumber Daya    Penilaian dan Instrumen    Rencana
Tinda Lanjut
Membimbing guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang baik (Program Tahunan, Program Semester, KKM)    Membantu guru dalam meningkatkan kemampuan menyusun perangkat pembelajaran yang baik    Guru mampu menyusun perangkat pembelajaran yang baik    Pembimbingan dan pendampingan
1.    Membimbing guru dlm menentukan materi pembelajaran
2.    Membimbing penguasaan guru dlm penguasaan konsep, prinsip, karakteristik materi pembelajaran    Membantu guru dlm meningkatkan kualitas penguasaan materi pembelajaran sesuai mapel yg diampu    1.    Tingginya penguasaan materi pembelajaran guru
2.    Tingginya kemampuan guru dlm menentukan gradasi materi pembelajaran    Pengamatan dan wawancara terhadap penguasaan materi pembelajaran guru.

1.    Memantau guru saat mengajar di kelas
2.    Menilai guru saat mengajar di kelas
3.    Membina/membimbing pengelolaan kelas guru berdasarkanhasil pengamatan saat mengajar di kelas    Membantu guru dlm meningkatkan kualitas proses pembelajaran sesuai mapel yg diampu    1.    Tingginya aktivitas belajar siswa
2.    Semakin tingginya kualitas proses pembelajaran guru di kelas
Pengamatan perilaku guru saat mengajar dengan instrumen Supervisi KBM.

1.    Membimbing guru dlm pemetaan SK/KD
3.    Membimbing guru dlm pemetaan pembelajaran
4.    Membimbing guru dlm mengembangkan indikator
5.    Membimbing guru dalam pengembangan silabus    Membantu guru dlm menyusun silabus sesuai mapel yg diampu    1.    Tingginya kemampuan guru dlm memetakan SK,KD, mata pelajaran
2.    Tingginya kualitas silabus hasil penyusunan guru
1.    Pengamatan perilaku guru saat menyusun silabus
2.        Wawancara dg guru saat saat menyusun silabus
1.    Membimbing guru dlm perumusan tujuan
2.    Membimbing guru dlm penyusunan kegiatan pembelajaran (awal, inti, akhir)
3.    Membimbing guru dlm penyusunan soal evaluasi
4.    Membimbing guru dlm pengembangan RPP    Membantu guru dalam menyusun RPP sesuai mapel yg diampu berdasarkan standar proses    Terampilnya guru dlm merumuskan tujuan, penyusunan kegiatan inti pembelajaran sesuai trandar proses, menyusun soal evaluasi, dan menyusun RPP secara  keseluruhan
Pendampingan, Pengamatan dan wawancara dg guru ketika menyusun RPP
1.    Memantau guru dlm proses pembelajaran di kelas
2.    Membimbing guru dlmmemilih strategi/metode/teknik pembelajaran
3.     Membimbing guru dlm menggunakan strategi/metode/teknik secara tepat dlm proses pembelajara     Membantu guru dalam meningkatkan kualitas pemilihan dan penggunaan strategi/metode/teknik pembelajaran     1.    Terampilnya guru dlm memilih strategi/metode/ teknik pembelajaran
2.    Terampilnya guru dlm menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran    1.    Wawancara dan tanya jawab dengan guru ketika memilih strategi/metode /teknik pembelajaran
2.    Pengamatan terhadap guru dlm PBM di kelas
1.    Memantau/menilai/ membina/membimbing guru dlm mengelola kelas
2.    Memantau/menilai/ membina/membimbing guru dlm mengunakaan sarana pembelajaran
3.    Membimbing guru dalam mengelola administrasi sarana pembelajaran (lab, perpustakaan, ruang kelas, lapangan)    Membantu guru dlm pengelolaan kelas (di kelas, lab,/ lapangan) saat melaksanakan pembelajaran     Tingginya kualitas guru dalam penggunaan dan pengadministrasian sarana pembelajaran     Pengamatan dan wawancara dg guru dlm hal penggunaan dan pengadministrasian sarana  pembelajaran
Memantau, dan membimbing guru dlm pengelolaan pengembangan dan penggunaan media pendidikan, dan fasilitas pembelajaran
Membantu guru dlm mengelola, merawat, mengembangkan, dan menggunakan media pendidikan, serta fasilitas pembelajaran    Tingginya kualitas guru dlm mengelola, mengembangkan, menggunakan media, dan fasilitas pembelajaran    Pengamatan dan wawancara dg guru dalam hal pengelolaan pengembangan, penggunaan media, dan fasilitas pembelajaran
Membimbing guru dalam mengembangkan program penilaian pembelajaran (kisi-kisi, kartu soal, analisis) dan Tindak lanju hasil evaluasi    Membantu guru mengembangkan program penilaian pembelajaran yang sesuai dengan standar penilaian    Guru mempunyai kemampuan untuk menyusun program penilaian yang sesuai dengan standar penilaian    Pendampingan, Wawancara dan Pengamatan
Membimbing guru dalam mengembangkan program remedial dan pengayaan
Membimbing guru dalam pengembangan tugas terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur kepada siswa
Membimbing guru dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran    Membantu guru dalam penguasaan pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran    Guru mampu memanfaatkan TIK dalam pembelajaran di kelas    Pendampingan, Pemberian Contoh, Pelatihan

B.    Program Pembinaan Kepala Sekolah
Materi Pembinaan
Kepala Sekolah    Tujuan dan Sasaran    Indikator
Keberhasilan    Strategi/Metode/
Teknik    Sekenario    Sumber Daya    Penilaian dan Instrumen    Rencana
Tinda Lanjut

C.    Program Pemantauan Pelaksanaan 8 SNP
Materi Pemantauan
8 SNP    Tujuan dan Sasaran    Indikator
Keberhasilan    Strategi/Metode/
Teknik    Sekenario    Sumber Daya    Penilaian dan Instrumen    Rencana
Tinda Lanjut

D.    Program Penilaian Kinerja Guru
Materi Penilaian
Kinerja Guru    Tujuan dan Sasaran    Indikator
Keberhasilan    Strategi/Metode/
Teknik    Sekenario    Sumber Daya    Penilaian dan Instrumen    Rencana
Tinda Lanjut

E.    Program Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
Materi Penilaian
Kinerja Kepala Sekolah    Tujuan dan Sasaran    Indikator
Keberhasilan    Strategi/Metode/
Teknik    Sekenario    Sumber Daya    Penilaian dan Instrumen    Rencana
Tinda Lanjut

BAB IV
PENUTUP

LAMPIRAN-LAMPIRAN :
1.    RKA/RKM/RKBK
2.    Matriks program semester dan jadwal
3.    Surat tugas kepengawasan
4.    Contoh-contoh Instrumen Kepengawasan.
5.    ……..

About marzukirahman

Pengawas SMK Kabupaten Pandeglang
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s